Tuesday, April 14, 2015

Dengan Separuh Badannya yang Lumpuh, Dia Melukis ‘Mengabadikan’ Dunia

Sukses adalah milik setiap orang yang mau memperjuangkannya, demikian kata orang. Sebagaimana pesan penulis Zero to Hero, Solikhin Abu Izzudin, “Jadikan situasi sulit untuk melejit, terbatas menjadi teratas teratas”. Demikianlah kira-kira seorang Rodhi Mahfur (ArtRodhi) telah membuktikannya.
Kecelakaan saat usia kelas 3 SMP membuat Rodhi lumpuh sebagian badannya. Informasi dari InspiroMotivo di youtube bahwa keadaan tersebut membuatnya lebih banyak waktunya di tempat tidur. Jangan ditanya perihal semangatnya waktu itu tetapi atas dorongan dari keluarganya, Rodhi bangkit dari keterpurukan. Dalam keadaan terbatas, dia terus berlatih melukis dan ternyata di situlah bakat hebatnya terpendam. Begitulah memang, di balik sebuah keterbatasan ada potensi hebat yang Tuhan ‘sembunyikan’. Jika potensi hebat itu tersingkap, jadilah dia seorang master di bidangnya. Benar-benar sebagaimana pesan yang ingin saya sampaikan dalam buku Master from minder.
Dibantu oleh keluarganya, Rodhi menyulap kamarnya menjadi tempat melukis sekaligus ‘studio’ lukis. Karya-karya hebat sudah banyak dia hasilkan pelukis dari Kendal, Jateng ini. Lukisan sketsa wajah merupakan karyanya yang banyak diminati. Melalui sosial media, orang-orang memesannya untuk dilukis wajah mereka. Sosial media menjadi sarana komunikasi Art Rodhi.


Saya sendiri bertemu langsung dengan Art Rodhi awal tahun 2015. Kebetulan kami berteman di facebook. Dia menginformasikan bahwa dirinya sedang menjalani pengobatan di RS Karyadi, Semarang. Kebetulan saya ada agenda mengisi acara di kampus Unnes saat itu. Selesai acara, saya meluncur ke RS Karyadi, sebelum akhirnya saya balik ke Pekalongan.
Di RS Karyadi, kami berbincang banyak hal. Perkenalan kami sebenarnya sudah lama sekali. Saat itu, saya masih memiliki jadwal mengisi acara Mutiara Pagi di Tri Jaya FM Semarang. Ternyata Rodhi mendengarkannya melalui radio. Karena tertarik dengan tema yang saya bahas, dia mencoba untuk menghubungi Tri Jaya FM guna memperoleh nomer handphone saya.  Dari situlah perkenalan dan interaksi kami. Saat bertemu langsung, tentu sebuah kejutan bagi kami semua.
Saya sendiri kagum dengan semangat dan karya Rodhi. Sempat saya diminta untuk memberikan motivasi padanya tetapi saya katakana bahwa saat bertemu dengan dirinya, saya yang belajar akan semangat. Dia adalah orang hebat, bangkit dari keterbatasan dan meluarbiasakan dirinya. Lukisan-lukisannya hidup dan pastinya akan mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya. Berikut ini, salah satu lukisannya dan sudah laku 3,6 juta.


Oya, saya belum bercerita bahwa Rodhi pernah mengikuti pameran lukisan para pelukis tuna daksa internasional. Melalui dunia internet, dia berkomunikasi dengan pelukis-pelukis hebat. Pastinya pada penasaran dengan lukisan-lukisannya. Saya sertakan beberapa lukisannya dalam tulisan ini dan saya sertakan video tentang profil Rodhi. Semoga menjadi inspirasi bagi para pembaca semua.


Ternyata memang kemauan dan usaha yang keras adalah modal utama dalam meraih kesuksesan. Bagi siapa saja yang memilikinya, percayalah akan menjadi orang yang berhasil. Salam bahagia, berkah, berkelimpahan. 
Berikut video tentang Art Rodhi. Klik di sini.

0 komentar:

Post a Comment